7 April 2007

P3K Ponsel Kena Air

Pernahkah ponselmu terkena air, baik itu jatuh ke air, kehujanan, tersiram dsb, yang menyebabkan ponsel rusak/tidak berfungsi.
Berikut beberapa tips untuk meminimalkan kerusakan yang bisa berakibat fatal pada ponsel anda (cieh.. kayak kecelakaan aja):
1. Segera lepas battery ponsel anda. Jangan pernah sekali-kali memasangnya kembali sebelum dilakukan pengeringan keseluruhan bagian ponsel.
2. Jangan pernah menyambungkan charger ponsel pada saat ponsel masih basah, karena ini akan menambah konsleting listrik pada circuitnya.
3. Jika kamu tidak berpengalaman bongkar pasang ponsel, segera deh bawa ke pusat servis ponsel langgananmu alias yang udah terpercaya ( karena gak semua bengkel hape jujur :D ), makin cepet ditangani makin baik, akan memperbesar peluang ponselmu bisa diselamatkan.

Air bersifat sangat korosif terhadap komponen elektronik di dalam ponsel. Bila didiamkan sebentar saja mengendap dalam ponsel, memungkinkan proses korosi pada circuit-board ponsel yang akibatnya bisa sangat fatal, ponsel rusak/mati total dan tidak dapat diperbaiki lagi.

Dari pengalamanku menangani perbaikan ponsel, kebanyakan pengguna salah paham/keliru ketika menangani ponsel yang kena air.

Pertama, ketika tau ponsel terkena air, mereka akan berusaha menekan tombol ON pada ponsel karena penasaran apakah ponsel masih hidup atau sudah mati. Dengan battery masih terpasang, memungkinan konsleting/hubung-singkat listrik sangat besar yang berakibat matinya komponen-pomponen utama maupun pendukung dalam ponsel.

Kedua, setelah tahu bahwa ponsel tidak bisa dihidupkan, pengguna cenderung untuk menyambungkan charger ke ponsel. Listrik yang mengalir akan semakin menambah parah kerusakan komponen ponsel anda.

Ketiga, biasanya pengguna terlambat membawa ponselnya ke pusat service untuk perbaikan. Air yang mengendap di dalam ponsel hanya dalam hitungan menit saja bisa menimbulkan korosi yang berakibat fatal pada ponsel.

Itu aja sedikit tips dari pengalaman pribadi saya menangani servis ponsel kena air, moga bermanfaat.